Dari Bandung untuk Melihat Pembuatan Sirup Markisa Noerlen

Difasilitasi Dinas Pariwisata Sumatra Utara dan Asosiasi Biro Perjalanan (ASITA) Sumut, sejumlah pengusaha biro perjalanan Bandung, Jawa Barat menjadikan Rumah Noerlen sebagai salah satu agenda kunjungan wisata (itinerary) saat berwisata ke Sumut belum lama ini. Jauh-jauh dari Bandung, mereka penasaran dan ingin melihat langsung proses pembuatan sirup markisa asli Noerlen, yang sudah dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Medan.

Setelah mengunjungi sejumlah objek wisata Sumut, termasuk Danau Toba, Karo dan Medan, pelaku usaha biro perjalanan, menyempatkan diri menengok rumah produksi sirup markisa asli Noerlen.

Mereka diperkenankan melihat langsung pembuatan sirup markisa buatan rumah itu diproduksi menggunakan alat-alat produksi yang sebagian besar dioperasikan langsung secara manual. Mereka juga dapat berinteraksi dengan staff Noerlen yang bekerja mengolah buah markisa menjadi sirup premium.

Tidak sedikit yang mengaku heran ketika mengetahui buah markisa yang sebelum menjadi sirup, ternyata sangat asam. “O, saya kira buah markisa yang manis itu,” kata salah seorang ibu, salah satu di antara pengunjung.

Bukan, buah markisa yang digunakan untuk sirup adalah buah markisa yang rasanya asam itu. Setelah buahnya dibelah, sarinya diambil dan diperas lalu dimasak dengan tambahan gula. Lalu, dikemas secara tradisional menggunakan uap panas saat markisa dimasak.

Menurut Rachmi Novianti, belakangan ini Rumah Noerlen memang sering dikunjungi wisatawan setelah mengembangkan usaha warisan ibunya itu, Almh. Hj. Noerlen, dia perkenalkan sebagai tujuan wisata kuliner di Medan.

“Markisa kan salah satu oleh-oleh khas Medan. Tidak semua produsen sirup markisa di Medan mau menunjukkan dapur produksinya, padahal banyak yang penasaran ingin tahu. Dari situlah kita mulai munculkan ide untuk menjadikan Noerlen sebagai objek wisata kuliner di Medan,” kata perempuan yang akrab disapa “Mimi” itu.

Norlen bekerjasama dengan sejumlah perusahaan biro perjalanan di Medan, antara lain Horas Travel, Wesly Travel, Aulia Tours Medan, Aurora Wisata Medan dan sejumlah travel agent yang menjual paket wisata Sumut dan Medan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada rekan-rekan travel agent di Medan yang sudah bekerjasama dengan Noerlen sampai saat ini,” ujarnya.

Pada kunjungan itu, hadir juga Ketua ASITA Sumut Solahuddin Nasution dan Kabid Bina Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Muchlis Nasution.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*