Kunjungan Ibu-ibu dari Surabaya ke Rumah Noerlen

Bekerjasama dengan Aulia Travel Medan, rumah produksi markisa Noerlen menerima kunjungan wisatawan dari Surabaya pada Mei lalu. Mereka kebanyakan ibu-ibu dan kebanyakan doyan berbalanja oleh-oleh. Tak heran, selain membeli sirup markisa asli Berastagi produksi Noerlen, ibu-ibu ini juga membeli beberapa oleh-oleh, seperti teri Medan, sambal andaliman, souvenir ulos, orong-orong bahkan minyak parem Karo.

Mereka juga sangat antuasias ketika pemilik Noerlen, Rachmi Novianti, mengajak mereka mengunjungi dapur Noerlen. Di sana Rachmi yang akrab disapa Mimi itu, menjelaskan secara detail proses pembuatan sirup markisa asli Noerlen yang hampir semua tahapan pembuatannya masih tradisional atau rumahan (home industri).

“Bahkan untuk packing, kita juga masih menggunakan uap air panas untuk menutup bagian atas botol sirup markisa. Ibu-ibu boleh coba langsung caranya,” kata Mimi. Selain itu, Mimi juga menjelaskan buah markisa seperti apa yang digunakan untuk sirup, bagaimana tahap pengambilan sarinya hingga limbahnya yang juga dipergunakan untuk souvenir.

“Jadi nggak ada yang terbuang, bu. Setelah sari markisanya diambil, kulitnya kita jemur dan setelah kering diolah menjadi kerajinan tangan,” jelas Mimi.

Setelah mendapat wawasan seputar sirup markisa, ibu-ibu ini pun diajak ke galeri Noerlen yang menjajakan berbagai oleh-oleh khas Medan dan souvenir Medan, Sumatra Utara, mulai dari tas, gantungan kunci, kaos, kemeja, dompet, sepatu dan berbagai panganan kecil khas Medan yang layak dijadikan oleh-oleh.

Terimakasih atas kunjungannya, ibu-ibu dan tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada Aulia Travel Medan yang telah memperkenalkan para wisatawan mengenai adanya Noerlen sebagai salah satu destinasi wisata oleh-oleh khas Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*